Ads

Sejarah Penemuan Listrik

Ilustrasi Listrik

Dalam kehidupan manusia,listrik sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita.Ha,pir semua orang di dunia membutuhkan dan menggunakan listrik,Apalagi di perkotaan ,listrik sudah menjadikan kehidupan yang vital,Disini kita akan mengungkapkan sejarah awal mula manusia menemukan listrik dan bagaimana gambaran sederhana cara listrik terbentuk.

SEJARAH PENEMUAN LISTRIK
Diawali oleh Thales (antara 640-546 SM) berkebangsaan Yunani,iya biasa menggosok batu ambarnya dengan kain wool sehingga benda yang ringan didekat tongkatnya itu bergerak tetapi ia belum mengerti kenapa itu terjadi.
lalu William Gilbert (1733) seorang berkebangsaan Inggris menyebut pada peristiwa Thales itu adalah Elektrik atau Listrik,ia mengambil kata itu dari bahasa Yunani yaitu Elektron atau batu ambar,Kemudian  Charles Du Fay (antara 1698-1739) Berkebangsaan Perancis,ia mengetahui bahwa elektrik itu terdiri dari negatif (-)  dan positif (+)

Sejauh itu banyak sekali penelitian tentang listrik dan pada tahun 1800 barulah manusia bisa menikmati gunanya listrik,Pada tahun 1800 Alesando Volta berpendapat bahwa listrik itu seperti air dan berarti listrik itu sangat berguna karena mempunyai tenaga,dan dari hasil kerja kerasnya ia pun berhasil membuat baterai dan kita tahu bahwa baterai adalah sumber listrik.

Michael Faraday

lalu Michael Faraday penemuannya sama seperti Volta yaitu listrik,tetapi faraday berjasa sangat besar dalam memajukan masalah listrik,mengapa begitu??
karena faraday berhasil menemukan listrik dengan jalan gerakan-gerakan magnet  yang dimana penemuannya ini mendasari pelistrikan dewasa ini.

Bagaimana Listrik TerbentukKita akan membicarakan bagaimana bisa terbentukan listrik yang kia gunakan sehari-hari.Listrik terjadi karena gaya GGL atau Gaya Gerak Listrik,contoh sederhana misalkan ada kumparan kawat lalu kumparan kawat kita dekatkan ke magnet,maka akan ada arus dalam kawat tersebut,kelebihan muatan elektron itu akan meloncat ke daerah yang kekurangan elektron.Pada saat elektron berpindah,ada energi yang dihasilkan dan energi itu yang kita pakai,jika kita gerakkan secara terus menerus/kontinyu magnet tersebut dengan cepat dan berulang ulang,hasilnya dikawat tersebut muncul yang kita sebut listrik
Proses ini kita temui pada generator pembangkit listrik PLN,contoh yang paling sederhana adalah dinamo pada sepeda onthel.

Begitulah Prosesnya,sebenarnya tidak rumit.Kita tetap bisa menikmati listrik selama generator yang ada pada PLN berputar.Cara memutarnya itulah yang jadi permasalahan,Karena kebanyakan PLN masih menggunakan mesin berbahan bakar fosil.
Sebenarnya lebih ramah menggunakan arus air,angin atau tenaga matahari.

Terima kasih Telah membaca Artikel ini.

Source :
dikutip dari berbagai sumber

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Sejarah Penemuan Listrik"

  1. klu menurut saya di indonesia kan banyak air terjun dan di indonesia juga tempatnya berbukit bukit sebenernay dibuat air terjun buatan untuk memutarkan generator ... mampir gab kunbal ke toko online baju bola saya click toko online baju bola grade ori

    BalasHapus